Sejarah

Mengetahui akan kenyataan masa lalu yang sudah seharusnya untuk di ketahui dan dimengerti. supaya gambaran tentang masa lalu bukan hanya gambaran semu, melainkan gambaran asli, nyata, dan ada.

Senin, 25 Juni 2012

ini di penemu lampu lalu lintas



Penemu lampu lalu lintas adalah Garret Augustus Morgan. Awal penemuan ini di awali ketika suatu hari ia melihat tabrakan mobil dan kereta kuda. Kemudian ia berpikir bagaiamana cara menemukan suatu pengatur lalu lintas yang lebih aman dan efektif. Sebenarnya ketika itu telah ada system pengatur lalu lintas dengan sinyal stop dan go. Sinyal lampu ini pernah digunakan di London pada tahun 1863. Namun , pada penggunaanya sinyal lampu ini tiba – tiba meledak sehingga tidak di pergunakan lagi. Morgan juga merasa sinyal tersebut memiliki kelemahan yaitu tidak adanya interval waktu bagi pengguna jalan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan.

Morgan memiliki konstribusi yang besar bagi pengaturan lalu lintas , ia  menciptakan lampu lalu lintas berbentuk huruf T. lampu ini terdiri dari tiga lampu, yaitu sinyal stop / merah, sinyal go / hijau, sinyal stop / kuning. Lampu kuning inilah yang memberikan interval lampu untuk mulai berjalan atau mulai berhenti. Lampu kuning juga memberikan kesempatan untuk berhenti dan berjalan secara perlahan.

Pertama system lalu lintas menggunakan lampu merah dan hijau yang di patenkan oleh  William Ghiglieri  san fransisco , California pada 1917. Rancangannya dapat dioperasikan secara manual dan otomatis. Cahaya yang kuning ditambahkan pada tahun 1920oleh William port, seorang polisi Detroit. Dia benar –benar menemukan beberapa system lalu lintas , termasuk cara menggantung empat system, tetapi tidak berlaku untuk paten. Orang pertama untuk mengajukan permohonan paten untuk memproduksi lampu lalu lintas yang murah garret morgan yang menerima paten pada tahun 1923.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar