Sejarah

Mengetahui akan kenyataan masa lalu yang sudah seharusnya untuk di ketahui dan dimengerti. supaya gambaran tentang masa lalu bukan hanya gambaran semu, melainkan gambaran asli, nyata, dan ada.

Jumat, 24 Januari 2014

Band Pertama diDunia

Siapa band pertama di dunia??????....koesplus???bukan..aba??bukan..ni aku kasih infonya



The Tielman Brothers merupakan grup musik tertua di Indonesia, perjalanan musiknya dimulai di Surabaya pada tahun 1945, dimana mereka adalah kakak beradik dan seorang adik perempuan. Merupakan band Belanda Indonesia yang pertama berhasil masuk Internasional pada tahun 1950. Aliran musik mereka rock and roll namun orang Belanda saat itu biasa menyebut Indorock, perpaduan antara musik Indonesia dengan Barat dan memiliki akar dari keroncong.

Namun sayangnya The Tielman Brothers lebih terkenal di Eropa terutama di Belanda, karena memang mereka hijrah dan menetap di Breda, Belanda pada tahun 1957. Kepindahan itu dilakukan karena Herman Tielman, ayah sekaligus manajer Tielman bersaudara, berpendapat bahwa masa depan anak-anaknya lebih terjamin di negeri kincir angin itu. Faktanya, mereka ditawari kesempatan tur ke seluruh Indonesia, dengan syarat mengubah kewarganegaraan mereka dari Belanda menjadi Indonesia. Di Indonesia sendiri nama group band The Tielman Brothers terdengar asing.

The Tielman Brothers dipercaya lebih dahulu memperkenalkan musik beraliran rock jauh sebelum The Beatles, bahkan mereka dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, dibelakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page dan Ritchie Blackmore. Konon, Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. Maklumlah, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

Dedikasi dan inovasi Andy yang sangat berpengaruh bagi perkembangan budaya pop belanda membawa gelar The Godfather of Dutch Rock & Roll, The Uncrowned King of Indorock, dan penghargaan Order of the Orange-Nassau ke pangkuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar